Halaman

Assalamualaikum, welcome

Sebuah eksplorasi hati...

Selasa, 08 Mei 2012

Tujuan Hidupku Apaan Ya?

Kemarin malam, Senin 7 Mei 2012, alhamdulillah aku berkesempatan dipertemukan dengan kembali seseorang hebat. Dia satu diantara sekian banyak orang yang ku masukkan kategori hebat, karena ilmunya, agamanya, prestasinya, visinya, dll

Subhanallah, malam itu saya mengikuti acara TFT atau biasa disebut Tahsin For Trainers. Dan malam itu Kang Cecep, nama beliau berkenan datang dari Bandung kota ke sekre SKI memenuhi undangan kami.

Langsung saja, hal yang bisa saya tangkap disana meski saya datang terlambat yaitu tentang tujuan hidup.

Sebelumnya saya ingin bertanya kepada pembaca blog saya sekalian, tujuan kamu hidup apaan sih? Loe hidup buat siapa? Buat ngapain? Buat apaan? 




Well, ketika seorang muslim ditanya seperti itu kata si akang mah pasti banyak yang jawab, "untuk meraih ridho Allah", "beribadah", dls. Iya khan?

Nah menurut beliau, tujuan hidup itu harus jelas, detail, spesifik. Kita tentunya ingin supaya hidup kita bisa bikin ntar pas di akhirat masuk surga khan pastinya? Tetapi ketahuilah banyak peran yang bisa kita lakukan untuk meraih surga Allah lho.

Ibarat di antara sahabat Rasul tuh ada sosok Abu Bakar, Umar, Ali, Usman, dls. Kita bisa memilih sosok kita sendiri. Nah setelah sosok idaman dari diri kita udah ada, tinggal nih gimana cara mencapainya. 



Tapi biasanya masalah pertama rada abu-abu, kita pengen jadi kayak gimana sih? CIta-cita kita? Sosok idaman dari kita atau biasa disebut the really I am. 

Itu semua bergantung pada potensi diri kita masing-masing menurut Kang Cecep. Kita bisa cari potensi diri kita gimana, atau tanya ke orang lain kita cocoknya tuh gimana menurut mereka. Bukan tanya ke dukun yang ngga tau apa apa lho ya, ntar tau tau dia bilang "tanggal lahir kamu bla bla bla, kamu cocoknya kerja di air" wkwkkw

Next,
untuk mempermudah mencapai tujuan hidup kita, kita harus bisa membuat tujuan-tujuan kecil, ibarat short term dan long term gituloh. Tujuan ini ibarat misi pas kita maen games, yang harus kita selesaikan. Tapi dengan demikian semuanya teratur, terencana, dan bisa meminimalisir hal ngga jelas dalam hidup kita yang singkat ini.

Nah pas malam itu juga, Kang Cecep kasih contoh tuh perencanaan hidup beliau kayak gimana. Subhanallah, pas saya ngeliat keren banget deh. Semua terencana banget. Ini bahkan bisa ngalahin diary ala cewek men. Menurut Kang Cecep, hal yang begituan tuh namanya Self Management atau bisa disebut Manajemen Diri. Dengan menuliskan target-target kita rasanya kita ngga bakal bisa diem gitu, kita pengen banget nyelesaiin itu. Termotivasi.



Konsep yang sama kayak yang ada di video Danang Pembuat Jejak sih. Namun yang dicontohkan Kang Cecep ini lebih kompleks. Kalau kita pengen bikin begituan, bisa dibuat per semester, pas jadwal kita udah FIX tuh. Jadi ketauan kita semester ini udah ngapain aja selain kuliah. Hafalan nambah ngga? Kamar masih berantakan ngga? Muka masih cakep ngga? hahaha

Ribet dan ruwet sih kawan kalau ngeliatnya dari kejauhan. Tapi aku jadi sadar juga sih, kalau bikin begituan tuh pasti waktu yang kita sia siakan untuk hal "NGGAK JELAS" bisa diminimalisir, karena kita selalu punya misi-misi dalam minggu ini, dalam semester ini dan dalam tahun ini dst.

Hidup ini pendek lho kawan. Iya khan? Aku juga baru nyadar udah semester 4 tapi aku masih gini-gini aja. Jangan tanya softskill deh, mental masih mental tempe dls perlu berbenah dan terus berbenah. Gimana dengan kalian? Well, jangan diem aja kawan. Salah satu cara untuk terus termotivasi memperbaiki diri, ya bisa ketemu ama orang-orang hebat seperti Kang Cecep yang saya ceritakan.

Apa sih pentingnya?

Nah kalau kita udah punya tujuan yang jelas, kita bisa memaksimalkan diri kita dalam mengambil peran. Entah mau jadi pejabat, nelayan, guru, engineer, presiden dls kita bisa melakukannya dengan sebaik-baiknya gituloh.. Jadi jelas.

Oia, ini nih ada video kesukaan saya tentang tujuan hidup. Dibikin anak UI, keren banget lho :)

Saya ngga pernah bosen liat ini pas galau. 









Gitu doank deh, makasih buat yang baca ya. :)

Assalamualaikum

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanallah tulisannya bagus sal..

Itu yg menulis jejak yg mas2 anak IPB
itu mirip model the secret
menuliskan segala impian dalam sebuah papan. Selalu berdoa dan berusaha merealisasikan. Positif think n yakin Allah akan mengabulkan.. :D

Raffa Muhammad mengatakan...

terima kasih udah mampir n baca mas...

Iya,, the power of will :D